danyrizky Halo Dany,
Thank you udah join nimbrung di thread ini.
1
Di Shopify aku titlenya product designer, iya. Untuk scope kerjanya, kita biasanya lumayan beda tergantung lagi ngerjain project apa. Nah projectnya itu biasanya fokus untuk majuin north metric yang kita punya sebagai team (setiap team itu beda2)
Semua pihak dari UX pasti terlibat dari proses awal, tapi kadang PM uda bikin roadmap jadi kita ngikutin dari proses itu, kita kadang ga terlibat dari sisi "kenapa kok ngerjain project ini" - Tapi lebih cenderung, kita tau ada project ini dan alasannya kenapa.. terus dari situ kita mulai deh dari semua iterasi, validation, cari konteks ke researcher sampai ke design something yang tangible.
2
Buat dapet attention itu ga ada metode yang pasti.
Menurutku mouth-to-mouth marketing itu yg plg kuat. Kalau bisa selalu optimal disetiap projek yang km lagi kerjain.
Contohnya, aku dapet kerjaan dari Marvel karena mereka tau aku ngerjain Yahoo.
Nah.. to your point, mengenai gimana sih dapet attentionnya. Aku honestly gatau gimana, tapi banyak kok cara supaya kerjaanmu standout - ga cuma di dribbble aja. Kamu harus memperluas online awarness kerjaanmu, mgkn dengan cara tulis case study, dimana nanti perusahaan bisa lihat gimana sih pola pikirmu.
Aku mau tekanin, kamu ga perlu khawatir apakah kamu masuk ke radar mereka atau gak. Yang paling penting tuh be original, kerja keras, dan post kerjaanmu dengan kualitas yang tinggi untukmu disaat ini.
3.
Untuk buku, jujur aja aku ga baca buku banyak. Aku bakalan update list buku di sini soon!
Balik kerja dulu
Thanks Dany,
semoga membantu - kalau ada pertanyaan lanjutan silahkan post di sini